Beranda > Tips Komputer > 9 Tips Membeli Komputer Second

9 Tips Membeli Komputer Second

Tips membeli komputer second

9 Tips Membeli Komputer second adalah informasi tambahan bagi para calon pembeli komputer agar tidak lagi perlu merasa khawatir ataupun was-was untuk membeli komputer second,baik beli komputer dari sebuah toko ataupun penjual perorangan.Kita tau bahwa teknologi komputer berkembang begitu cepat,contohnya perkembangan processor banyak jenis-jenis processor pc desktop seperti dual-core,core 2 duo,i3 serta yang lainya seperti menggeser jajaran processor Pentium IV.Padahal kita semua tau bahwa processor jajaran PentiumIV juga sangat syarat dengan teknologi tinggi.Tidak ada salahnya dengan sedikit pengetahuan kita bisa memanfaatkan juga memaksimalkan teknologi komputer yang sudah cukup baik dengan relatif mengeluarkan biaya ringan.

“9 Tips membeli komputer second” bukan hanya sekedar informasi tambahan,tetapi bisa dijadikan panduan dasar yang cukup membantu.Karena membeli komputer second itu memang harus sedikit memiliki pengetahuan dasar agar kita tidak terlalu dirugikan dengan mendapat kwalitas komputer yang buruk.Lakukan pengecekan secara teliti sebelum membeli,usahakan melakukan pengecekan dari luar fisik hardware komputer diluar atupun didalam casing CPU,sedangkan untuk pengecekan software jadikan prioritas kedua karena kita dapat melakukan instalasi komputer untuk melakukan perapihan seluruh sistem karena biasanya pada komputer second sudah ada software terisntal didalamnya.

Kita akan mulai satu-persatu dari keseluruhan 9 Tips Membeli Komputer Second:

  1. Ketika kita membeli komputer second dari sebuah toko,tidak ada salahnya kita menanyakan apakan ada garansi tokonya,memang tidak ada standar berapa lama garansi untuk barang second bahkan mungkin memang tidak ada.Hanya biasanya  toko yg baik minimal satu minggu mereka berikan untuk garansi hardware.kemudian tanyakan apakan mungkin kita untuk menjual kembali komputer pada toko ini atau melakukan tukar tambah dengan komputer lain,karena kita tau untuk harga elektronik selalu merosot dengan tajam.
  2. Nyalakan komputer untuk lakukan pengecekan awal.Pertama cek pada monitor karena monitor salah satu bentuk output komputer untuk kenyamanan mata kita saat melakukan pekerjaan dengan komputer.Monitor yang baik biasanya dapat bertahan cukup lama,lima tahun bahkan lebih.Buka beberapa file gambar dengan warna-warna Kontras perhatikan apakan warna-warna yang ditampilkan masih cukup natural artinya tidak ada kelebihan atau kekurangan atau warna warna yang pudar.Cek seluruh tombol pengaturan pada monitor seperti  apakan masih berfungsi baik.Matikan Monitor kemudian hidupkan beberapa kali,perhatikan ketika monitor saat dimatikan,monitor yang masih cukup baik ketika dimatikan langsung mati tidak meiniggalkan garis putih secara horizontal.ketika sedikit tampak garis putih maka pertimbangan dengan harga jualnya.
  3. Kemudian beralih pada keyboard juga mouse pastikan seluruh  tombol pada keyboard masih berfungsi dengan baik,begitu pula dengan mousenya.karena biasanya untuk semua port keyboard dan mouse menggunakan port USB maka sekalian saja cek seluruh Port USB yang ada pastikan selurunya masih berfungsi.Cek saja dengan mencopot mouse kemudian pindahkan ke port USB lainya.Jika ada Cek Port USB dengan Flash Disk Untuk memastikan Dapat digunakan untuk Transfer data dengan baik.Pastikan juga beberapa port output lain seperti Port RJ 45 untuk jaringan serta Port untuk audio semua masih berfungsi.
  4. Biasanya standar PC desktop juga dilengakapi dengan CD Room,ada beberapa jenis CD Room,seperti CD Writter atau DVD Writter atau Combo.Lakukan pengecekan dengan menggunakan beberapa keping CD atau DVD sesuai dengan spesifikasi CD Roomnya,pastikan masih berfungsi dengan baik karena banyak program instalasi menggunakan CD untuk proses instalnya.
  5. Membeli komputer Second Juga perlu sedikit pertimbangan apakan kita akan membeli jenis PC Builtup dengan merk-merk tertentu atau Jenis Komputer rakitan,masing-Masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Buka Casing CPU untuk Memastikan secara Hardware apa saja komponen yang tertanam Pada Moherboard,sekaligus kita bisa lihat kemungkinan dukungan Driver untuk masing-masing komponen.Satu kelebihan komputer Builtup adalah dukungan Driver pada situs Resminya sangat banyak tersedia,tanyakan pada penjual apakan ada backup driver sehingga tidak dapat menghemat waktu kita ketika kita ingin melakukan perbaikan komputer,kalaupun tidak ada tidak perlu khawatir karana ada cara mudah untuk melakukan instalasi Driver komputer.
  6. Setelah ini Kita harus pastikan  kapasitas seluruh komponen sesuai dengan Spek yang ditawarkan, seperti berapa besar speed Processor juga kapsitas HD,Memory dan VGA .Mengecek kapsitas secara fisik juga dapat kita lakukan hanya saja berati kita harus membongkar satu persatu untuk dapat melihat spesifikasinya.Cara mudahnya dapat kita lihat melalui sistem.Untuk kapasitas Processor,Memory,HD  buka saja control panel kemudian Pilih System.selebihnya dapat kita lilhat melalui sistem dengan mengetikan perintah dxdiag pada Search Box.
  7. Khusus untuk pengecekan hardisk secara fisik ketika sebuah hardisk sudah kurang begitu bagus atau secara fisik sudah terjadi penurunan kerjanya maka hardisk akan berbunyi seperti suara gemeretak sedikit berbunyi keras,matikan komputer kemudian hidupkan dengarkan suara hardisknya biasanya ketika terjadi kerusakan fisik hardisk suara gemeretaknya terdengar cukup keras.kerusakan ini tidak membuat harddisk rusak total hanya mengurangi performa dari harddisk.
  8. Jika hardisk secara fisik baik tidak terdengar suara gemeretak maka lakukan test untuk mengistal sistem operasi dengan satu partisi saja,ini untuk memastikan bahwa kondisi harddisk memang benar-benar baik, untuk harddisk dengan banyak bad sector akan sulit melakukan instalasi dengan satu partisi.untuk menambah partisi harddisk dapat kita lakukan selanjutnya dengan mudah apalagi pada sistem operasi windows 7.
  9. Untuk point terakhir dari 9 Tips Membeli Komputer Second adalah pastikan seluruh komponen Output pada komputer berjalan dengan baik yaitu audio Video.Tes dengan memutar beberapa lagu atau film,maikan beberapa game yang cukup berat jika ada untuk memastikan VGA beroperasi dengan baik.Lakukan juga tes burning CD jika memang sesuai dengan spek CR Room yang ditawarkan.

Dari 9 Point diatas kita dapat mengetahui apakah layak atau tidak sebuah komputer second yang ditawarkan untuk kita beli,sekaligus memberikan posisi tawar menawar yang kuat ketika kita dengan pasti mengetahui kelemahan dari PC tersebut.Membeli komputer Second memang sedikit berbeda dengan membeli komputer Baru butuh kesabaran serta ketelitian agar kita bisa mendapatkan komputer second berkwalitas.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: